Monday, June 28, 2010

Peranti Lunak Gratis

| Monday, June 28, 2010 | 0 komentar

Jangan anggap Free software tidak punya kemampuan serius untuk profesional. Berikut beberapa free Software yang saya gunakan dan rekomendasikan:

  1. Gimp (GNU Image manipulation Program)

  2. Software alternatif Adobe Photoshop. Mempunyai kemampuan yang setara. Bagi para pengguna photoshop, yang dirasakan sangat kurang yaitu tidak adanya adjusment layer (adjusment hanya dapat dilakukan pada layer tanpa dapat di edit ulang), healing brush (hanya ada clone stamp tool, seperti photoshop 7 ke bawah), dan beberapa fungsi kecil lainnya seperti liquify, dll. Tapi kekurangan tersebut masih dapat di toleransi dengan ekstra effort tentunya.

    website: www.gimp.org


  3. Inkscape (Draw Freely)
    Vector drawing tools yang satu ini mempunyai kemampuan yang cukup hebat. Merupakan pengembangan dari program serupa bernama sodipodi. Kekurangan dibandingkan Illustrator adalah tidak adanya mesh gradient dan layer blending. Tetapi kemampuan lain cukup setara.

    Website: www.inkscape.org

  4. Blender3D (3D Creation Suite)
    Free 3D animation Software terbaik. Kemampuannya menciptakan modeling, compositing sampai animating tergolong sangat baik. Kelemahan software ini adalah interface dan logika tools yang berbeda dengan commercial 3D software umumnya. Tetapi begitu mengerti cara menggunakan nya maka Blender merupakan tandingan yang patut diperhitungkan.

    Website: www.blender.org

  5. Kerkythea (Rendering System)
    Software rendering independent ini sangat populer karena merupakan salah satu free software rendering system terbaik. Jika anda menggunakan program 3D seperti Blender, Silo, anim8or, google skecthup (free software) maka sangat kompatible.

    Website: www.kerkythea.net

  6. Audacity (Music Editor)
    Ingin memotong-motong lagu, mengedit dan memberi efek envelope dan lain2 seperti pada sony Soundforge? Jika iya, gunakan software yang satu ini. kemampuannya dapat diandalkan.

    Website: audacity.sourceforge.net


  7. Open Office (Office Tools)
    Kesal dengan microsoft office yang sangat mahal ?? Gunakan open office. Semua fitur setara dengan microsoft office: word, excell, power point, access semua ada.
    website: www.openoffice.org


  8. Google Sketchup (3D Sketch tool)
    Software ini sebaiknya wajib dimiliki oleh para desainer arsitek, interior, produk atau sejenisnya. Dengan interface yang simple, mudah digunakan… idea atau sketsa desain kita bisa dibuat 3D nya dalam waktu singkat. Misalnya untuk menggubah masa dan ruang arsitektur, interior atau sketsa bentuk produk hanya dalam waktu hitungan menit.. zazaamm! jadi deh. Untuk kemampuan rendering yang realistic.. bisa pakai kerkythea. Khusus sketchup pro (commercial) punya kemampuan import dan export dari cad program atau 3D program lainnnya. Well, Google sketchup (free) juga punya community yang besar. Bisa download komponen2 gratis misalnya, mobil, manusia, furnitur, dll.
    website: www.sketchup.com

  9. 7-ZIP (compression tool)
  10. 7-ZIP adalah aplikasi kompresi yang bersifat gratis dengan tingkat kompresi tinggi yang berbasiskan open source. Aplikasi ini bahkan mendapatkan gelar Best Freeware 2008 dari majalah komputer PC Media.

    Keunggulan aplikasi ini adalah kemampuannya menangani berbagai file kompresi dan dalam beberapa kasus bahkan lebih tinggi tingkat kompresinya dibandingkan PKZip dan WinZIP.

    Sayangnya, khusus untuk tipe file RAR, software ini hanya bisa mengektraksi saja tanpa punya kemampuan untuk mengepak file ke dalam tipe file itu.

    website: www.7-zip.org

  11. CDBurnerXP (burning tool)

    Software gratisan alias Freeware dan tanpa perlu registrasi maupun aktifasi,jadi jika anda menginstalnya,langsung bisa digunakan,apa nama Softwarenya,yaitu CDBurnerXP,yang mana fungsinya sama saja dengan program Nero yaitu untuk Membakar atau Burning CD maupun DVD.

    website:cdburnerxp.se


  12. Photoscape (foto editing)
    Photoscape merupakan software gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengolah dan mempercantik foto atau gambar. Selain menawarkan fitur-fitur dasar; seperti pengatur contrast (gelap atau terang) atau sharpen (untuk menajamkan warna pada foto), Photoscape juga dapat digunakan untuk menambahkan bingkai (frame) pada foto. Ada puluhan jenis bingkat yang dapat Anda pilih.

    Photoscape juga dilengkapi dengan fitur Filter, misalnya Film Effect, Antique Photo, Lens Flare, Texture, Pictorialization, dan puluhan jenis filter lainnya. Dengan filter-filter tersebut Anda bisa membuat foto Anda menjadi lebih menarik, antik atau bahkan lucu.


    Anda juga bisa menggabungkan atau menyatukan foto dengan Photoscape ini. Anda tinggal melakukan drag and drop pada foto yang ingin Anda gabungkan dan mengubah ukuran foto jika diperlukan.
    websites : http://www.photoscape.org/


0 komentar:

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com